Masuk

Ingat Saya

NEW MEDIA SEBAGAI PIONER TRANSFORMASI PERDAMAIAN DI DUNIA MAYA

NEW MEDIA SEBAGAI PIONER TRANSFORMASI PERDAMAIAN DI DUNIA MAYA
Oleh: Lukman Hakim
IT Sebagai Pioner Gerakan Damai Dunia Maya
Gerakan untuk mendeseminasikan atau kampanye perdamaian era modern sekarang ini saya kira akan lebih efektif jika memakai informasi teknologi. Mengapa demikian, karena IT sudah menjadi kebutuhan dasar manusia, yang setiap individu memiliki, sehingga pertemuan tatap muka era modern sudah mengalami pergeseran menjadi era jarak jauh, yaitu lewat IT. Inilah dampak nyata dari ekonomi global yang melanda dunia, termasuk Indonesia.
Manusia berinteraksi dengan manusia lain dalam memenuhi kebutuhan sosialnya. Interaksi antar manusia merupakan rutinitas alamiah dalam fenomena hidup. Proses interaksi turut melibatkan proses komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan media baru dalam proses interaksi dan komunikasi yang kemudian dimanfaatkan manusia disegala bidang. Kemunculan new media mendorong perubahan yang signifikan dalam proses interaksi dan komunikasi serta penyebaran informasi. Makalah ini mencoba mendeskripsikan bagaimana new media memberikan pengaruh besar terhadap perubahan budaya berkomunikasi dan pola komunikasi yang dilakukan manusia dengan manusia lain.
Komunikasi Sebagai Wadah Kampanye Perdamaian yang Efektif
Komunikasi merupakan intisari interaksi sosial. Selama hidup manusia menghabiskan waktu untuk berkomunikasi dalam beragam bentuk, cara dan situasi. Cara komunikasi dipilih sesuai dengan kebutuhan baik lisan, tulisan atau bahkan lambang-lambang. Dalam proses komunikasi manusia terkadang menggunakan media sebagai alat penyaluran pesan. Media komunikasi digunakan manusia untuk mempermudah proses komunikasi yang dilakukan. Perkembangan teknologi dan komunikasi menghasilkan pula perkembangan dalam media komunikasi yang digunakan manusia dalam berkomunikasi terutama penyampaian pesan dan informasi. Internet merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi media komunikasi yang mengubah dan mengembangkan media konvensional menjadi media online.
Pemuda Sebagai Tunas Baru Perdamaian
Peran pemuda dalam pemanfaatan IT sebagai kampanye harus terus digalakan. Pemuda kita harus terus mendapatkan bimbingan dan advokasi yang masif. Karena mayoritas pemuda kita masih labih, belum memiliki instrumen kharakter idealisme yang kokoh, sehingga peran pemerintah dan orang tua untuk mengawal mejadi keharusan. Sebagai contoh yang aplikatif, setiap individu pemuda kita sudah pasti memiliki alat komunikasi, entah berupa HP atau yang lain. itu akan lebih manfaat yang luar biasa apabila dalam subtansinya dimanfaatkan untuk merajut perdamaian, mengkampanyekan perdamaian, menebar virus-virus harmoni bagi negeri. Selamat berjuang pemuda. #AKSIDUTADAMAIDUNIAMAYA#

Dengan